Iklan Bagus: Jangan Menggunakan Kalimat yang Rumit

Pernahkah anda melihat iklan bagus yang berisi informasi yang begitu banyak, tulisannya kecil-kecil sulit dibaca, menggunakan kata-kata teknis (jargon) yang hanya dipahami oleh pemain di industri tersebut? Bagaimana rasanya? Bisa jadi anda sangat tertarik, bisa jadi tidak.

Survey membuktikan kemampuan konsentrasi seseorang sangat terbatas, khususnya jika diminta untuk berkonsentrasi dalam waktu yang singkat. Iklan bagus anda bersaing dengan iklan tetangga, belum tentu kompetitor, bisa jadi produk lain yang lebih menarik.

Kesalahan keenam adalah menggunakan kalimat yang berbelit-belit. Normalnya, iklan itu hanya memiliki jumlah space yang pendek atau kecil, atau brosur anda memiliki space yang pendek atau sedikit. Untuk mengunakan atau untuk membuat bisnis anda lebih menarik dalam beriklan, pastikan anda menggunakan kalimat-kalimat yang simpel, mudah di mengerti, dan jelas.

Konsekwensi
Jika anda menggunakan kalimat-kalimat yang berbelit-belit atau terlalu banyak penjelasan, kemungkinan besar ada dua hal yang akan terjadi di dalam pikiran prospek anda:
  1. Mereka akan melewati iklan anda dengan begitu saja.
  2. Prospek anda menjadi bingung.

Selama bertahun-tahun David Ogylvy melakukan percobaan-percobaan dalam beriklan. Dia mengatakan, “People won’t read long copy.” Dia mengatakan, ada sebuah universal belief atau keyakinan yang global bahwa orang tidak suka membaca kalimat yang panjang.

Ini adalah sebuah kebenaran, dan dari kebenaran ini sangat bijaksana jika para pengiklan atau anda sebagai pengiklan, harus bisa membuat kalimat sales pitch untuk produk anda, tanpa harus mengkonsumsi perhatian dan pikiran prospek anda untuk membaca terlalu panjang.

So, tipsnya kali untuk iklan bagus dan seserhana seperti ini :
1. Buatlah iklan anda seolah-olah mengatakan kepada prospek anda, “it’s now or never, ‘sekarang atau tidak selama-lamanya’.”
2. Sales pitch atau kalimat yang singkat, tegas , jelas, dan menjual, akan membuat iklan anda jauh berbeda daripada iklan kompetitor anda.
3. Mulai dengan kalimat seperti :
  • 5 Alasan mengapa ….
  • 7 dari 10 wanita menggunakan ….
  • Awas!
  • Jangan dibaca!
  • Wanita dilarang baca!
  • Stop press!
4. Gunakan prinsip KISS – Keep it Simple and Sweat
Semoga iklan bagus anda tambah sukses, bisnis semakin luar biasa dan penjualan anda meningkat.
Berkomentar dengan
atau
silahkan tentukan pilihan sobat!

1 komentar:

Anonymous said...

Sangat bermanfaat sekali. terima kasih artikelnya, salam kenal http://www.daftar-vsi.com

Post a Comment