5 Tips dalam memilih Software Aplikasi Bisnis Perusahaan

Operasional perusahaan adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan, dimana dalam operasional perusahaan tersebut banyak fungsi dan hal yang saling kait mengakit dalam proses antara satu dengan yang lainnya.

Keterkaitan proses ini menjadi bagian yang sangat penting dan menjadi titik pusat yang harus dikontrol oleh masing-masing fungsi sehingga kinerja dan hasilnya menjadi baik dan optimal. Semua proses yang ada sebaiknya dilakukan secara sinergi dan terintegrasi, tentunya improvement dan maintenance harus selalu dilakukan secara periodik sehingga selalu terjaga konsistensi proses dan hasilnya.

Banyak perusahaan yang bingung dalam mencari cara bagaimana agar konsitensi proses ini dapat selalu dilakukan agar kesalahan-kesalahan di sisi operasional dapat dihindari atau dikurangi.

Aplikasi atau software bisnis adalah salah satu yang hal yang menjadi pertimbangan dalam mengatasi solusi tersebut, tapi tidak semua software/aplikasi sesuai dengan yang diinginkan dan dibutuhkan oleh perusahaan. Banyaknya software/aplikasi yang ada dan dijual saat ini membuat pengusaha bingung dalam memilih software/aplikasi apa yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Untuk itu berikut adalah beberapa tips dalam memilih software/aplikasi untuk operasional bisnis perusahaan.

1. Dapat mengikuti bisnis proses yang dibutuhkan perusahaan
Bisnis yang ada dan sudah berkembang saat ini adalah hal yang utama untuk didukung oleh software/aplikasi, termasuk didalamnya adalah alur proses operasional dan juga kontrolnya. Setiap alur proses transaksi yang dilakukan saat manual ini harus bisa diakomodir dan diimprove di software/aplikasi melalui proses input ataupun automasi di system tersebut. Hal ini yang akan menambah nilai dan fungsi software/aplikasi tersebut, bukan hanya sekedar mencatat atau memindahkan catatan kedalam system tapi bisa meningkatkan efektifitas operasional dan kinerja proses melalui automasi proses di software/aplikasi tersebut. Software/aplikasi yang kita pilih seharusnya dapat mengikuti/mengakomodir bisnis proses yang dibutuhkan perusahaan agar bisa berkembang, bukan sebaliknya dimana bisnis proses mengikuti software/aplikasi.

2. Bisa mengakomodir kebutuhan semua fungsi yang ada di perusahaan
Dalam perusahaan biasanya terdapat beberapa fungsi atau department atau bagian-bagian yang berbeda tapi secara alur proses operasional saling berkait dan berhubungan. Hal ini yang harus bisa dipantau dan di kontrol melalui software/aplikasi sehingga meminimalkan kinerja proses dan tercatatkan semua datanya di system. Dari tercatatnya setiap alur proses semua fungsi di perusahaan kedalam system maka akan membuat data disystem menjadi lebih lengkap.  Untuk itu perlu memastikan apakah semua fungsi yang ada diperusahaan dapat diakomodir oleh software/aplikasi yang kita pilih tersebut.

3. Terintegrasi antara semua modul/fungsinya
Setelah semua fungsi bisa diakomodir oleh software/aplikasi nya maka prosesnya juga harus bisa diintegrasikan/dihubungkan antara satu proses dengan proses yang lainnya. Ini sangat penting karena akan mengurangi double input ataupun kesalahan input, tentunya integrasi ini hanya bisa dilakukan melalui proses automasi di system, jadi system yang akan menghubungkan proses/data yang sebelumnya dengan proses/data yang berkaitan.

4. Mudah dimengerti dan digunakan untuk pengguna awam
Kendala yang sering dihadapi oleh perusahaan adalah juga mengenai keterbatasan pengetahuan staff atau karyawannya terhadap software/aplikasi atau komputer. Ini yang menjadi tantangan bahwa dalam mencari software/aplikasi kita harus memastikan agar baik secara proses maupun tampilan dan desain nya bisa lebih mudah dimengerti dan mudah digunakan oleh semua karyawan walaupun dengan kemampuan yang dasar/awam. Tentunya training atau pelatihan tetap harus dilakukan ke pengguna aplikasi secara bertahap.

5. Investasi yang  terjangkau
Software/aplikasi adalah hal yang sangat penting bagi perusahaan untuk mendukung operasional dan kinerja karyawan di perusahaan. Nilai nya akan lebih baik lagi jika software/aplikasi tersebut bisa bisa memberikan data-data yang akurat yang dibutuhkan oleh management dalam melihat kinerja perusahaan dan menganalisa performance perusahaan dan juga membantu dlam mengambil keputusan atau strategi perusahaan.
Untuk itu software/aplikasi adalah juga sebagai salah satu investasi perusahaan dalam membantu meningkatkan dan mengembangkan perusahaan. Tentunya nilai investasi ini juga harus bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan perusahaan.

Banyaknya software/aplikasi pendukung bisnis menjadi tantangan tersendiri bagi pengusaha yang membutuhkannya untuk bisa lebih cermat dalam memilih dan menentukan mana yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan Anda.
Berkomentar dengan
atau
silahkan tentukan pilihan sobat!

0 komentar:

Post a Comment