Cara Ciptakan Peluang Usaha Makanan Baru

Pasar bisnis makanan di Indonesia sebenarnya sangat potensial untuk berbagai jenis makanan, baik makanan olahan kuliner, jajanan hingga makanan camilan seperti keripik. Namun padatnya persaingan di bisnis makanan seolah menuntut para pelaku usaha makanan pemula untuk berinovasi dalam menciptakan peluang usaha makanan baru.
 
Menciptakan produk makanan jenis baru mungkin akan dianggap sulit bagi kebanyakan orang, namun bagi seorang yang terampil dan suka menjawab tantangan bisnis di era global seperti saat ini, tentu akan suka dalam mencari cara untuk menciptakan peluang usaha makanan jenis baru.

Manfaatkan bahan baku dari alam

Bahan baku dari alam tentunya ada banyak sekali yang bisa kita dapatkan di pasar-pasar tradisional maupun dari para petani langsung. Bahan baku seperti singkong, kentang, talas, jagung dan buah-buahan, tentunya memiliki potensi yang cukup besar bila kita mampu memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Banyak jenis makanan yang bisa kita buat seperti keripik, stik, emping, aneka kue, makanan basah dan kering, yang kesemuanya bisa kita buta dari bahan-bahan yang terdapat dari alam. Dan untuk bereksperimen membuat inovasi sebuah makanan jenis baru, tentunya harus ada acuan produk atau jenis makanan yang sudah ada sebagai dasar untuk menciptakan sebuah produk makanan baru.

Misal, kita ingin membuat makanan berkelas seperi burger tetapi dengan bahan baku yang hemat namun tetap enak, maka bisa kita buat getuk singkong dengan tampilan mirip burger dengan tambahan bumbu maupun fariasi rasa yang lebih familiar bagi lidah orang kebanyakan. Ilustrasi tersebut tentunya berlaku untuk aneka mekanan mahal yang ada di pasaran.

Lirik menu makanan manca negara

Beranikah kita menyontek atau meniru makanan mancanegara yang ada di negara kita dengan bahan baku yang lebih murah? tentunya bila kita ingin menjawab tantangan pasar yang menuntut seorang produsen harus inovatif dengan produk-produnya, maka hendaknya kita berani berinovasi dengan menciptakan makanan khas mancanegara ala bahan baku dari tanah air.

Aneka makanan mahal mancanegara seperti pizza dan burger, tentu bisa buat inovasi dengan menciptakan burger dan pizza ala orang lokal dengan bahan baku dari lokal pula. Misal berkreasi dengan burger dalam bentuk nasi maupun membuta pizza dengan bahan baku mie jagung maupun bahan baku yang lain.

Berani berinovasi

Sebagai seorang wirausahawan sejati yang berjiwa kreatif dan inovatif tentu harus memilikidasar berani dalam menciptakan sesuatu. Berani gagal, berani menembus pasar yang ketat, serta berani menciptakan konsumen baru, tentunya harus menjadi pilar bagi mental wirausahawan bermental baja.

Dengan penuh berani dan percaya diri, maka kita pun bisa segera berinovasi serta bereksperimen dengan berbagai bahan baku yang akan kita buat sebagai produk makanan jenis baru yang akan menjadi trend pasar yang cukup memikat.
Berkomentar dengan
atau
silahkan tentukan pilihan sobat!

0 komentar:

Post a Comment