Pentingkah Belajar Internet Marketing Untuk Berbisnis Online?


Pentingkah Belajar Internet Marketing Untuk Berbisnis Online?

   Belajar membangun #bisnis online dari awal itu gampang-gampang susah, saya pribadi sudah mengalaminya. Tahun 2009 yang lalu saya belajar tentang internet marketing di salah satu sekolah internet marketing yang sangat terkenal milik Anne Ahira, temen-temen pasti udah tau nama sekolahnya, yup Asian Brain. Pada tahun yang sama (2009) saya mendapatkan online earning saya yang pertama, yaitu dari google adsense sebesar $100, seneng banget dong pastinya... bukan karena jumlahnya tapi karena itulah momen yang sangat penting dalam perkembangan kemampuan internet marketing yang saya miliki.

   Tahun 2010 saya mengundurkan diri dari dunia kerja kantoran dan fokus pada bisnis online yang saya geluti. Adapun beberapa bisnis online yang saya kerjakan adalah #PPC (pay per click) google #adsense, affiliate marketing di Amazon.com, dan lain-lain. Tahun 2010 adalah tahun-tahun dimana saya mulai merasakan penghasilan online yang cukup besar, terutama dari affiliate Amazon.com. Temen-temen pasti tahu dong tentang Amazon.com, kalo ga tau coba googling dulu ya.

   Dulu saya berpikir bahwa target market yang paling potensial itu adalah Amerika Serikat karna dibayar dengan mata uang dollar yang nilainya memang jauh lebih besar dari mata uang kita. Dan saya waktu itu hanya fokus pada target market Amerika dan sama sekali tidak membangun bisnis untuk market lokal... dan memang itu berjalan dengan baik, hingga pada saat akun google adsense saya dibanned pada bulan November 2011. Saya kehilangan earning yang cukup besar dari google adsense yg belum sempat dikirimkan krn akun saya dibanned. Akhirnya saya menjual satu website saya dengan harga $1000 (kurang lebih Rp 9.000.000) kepada orang Eropa sebagai modal untuk memaintain bisnis saya.

   Yang lebih menyakitkan lagi, pada pertengahan tahun 2012 yang lalu salah satu situs saya yang menjual produk-produk amazon dan sudah stabil penghasilannya ternyata deIndex oleh google yang mengakibatkan trafik terjun bebas dan earning pun kecil. Terpaksa saya harus menjual lagi 1 website saya agar tetap bisa memaintain bisnis online saya. Saat itu lah saya sadar bahwa saya tidak bisa hanya mengandalkan market luar negeri, tapi harus membangun bisnis online saya dengan target market lokal. Nah, tahun 2012 saya mulai membangun bisnis online yang target market nya Indonesia. Bisnis saya waktu itu diawali dengan menyediakan jasa backlinks dan social media marketing. Dan hasilnya lumayan lho, bulan pertama lounching penghasilan saya langsung mendapat keuntungan Rp 1000.000,- dan saat itu mata saya benar-benar terbuka bahwa target market lokal ternyata masih sangat luas. Setelah itu, saya fokus membangun bisnis online dengan target market Indonesia, mulai dari jasa backlinks, toko online, dan lain-lain.

   Poin penting yang ingin saya sampaikan pada artikel ini adalah bahwa belajar internet marketing itu sangat penting bila kita ingin memasarkan produk atau usaha kita secara online. Saya tidak akan mampu menjalankan bisnis online saya dan juga tidak akan mampu bertahan menghadapi tantangan yang ada bila saja saya tidak punya dasar ilmu yang cukup yg saya pelajari dari sekolah internet marketing dan juga pengalaman. Banyak hal yang dulu saya tidak ketahui dalam dunia internet marketing sekarang sudah menjadi hal yang biasa saya lakukan. Saya belajar dari sekolah internet marketing secara online dan juga belajar dari pengalaman saya sendiri. Satu hal yang penting sebagai seorang pebisnis online adalah kita tidak boleh kaku dalam menjalankan bisnis, kita harus kreatif dan harus mau bekerja keras dan cerdas... kerja cerdas saja tidak cukup! Dunia online marketing itu sangat luas dan beragam, karna itu kita perlu belajar terus dan mempraktekkan ilmu yang kita pelajari.

   Ok, itu cerita singkat saya tentang pengalaman saya belajar internet marketing dan bisnis online. Teman-teman di forum ini pasti punya bisnis sendiri-sendiri, baik bisnis online ataupun bisnis offline... sharing dong pengalaman kalian. Thank you
Berkomentar dengan
atau
silahkan tentukan pilihan sobat!

2 komentar:

Unknown said...

Mantepz Blognya

salam
http://tiket.langgamsyariah.com

Rohmat said...

Terima kasih.

Post a Comment