Kita banyak sekali menemukan para pengusaha baru yang berhasil. Namun
tidak banyak ide usaha yang unik yang bisa kita temukan setiap hari.
Salah satu ide bisnis yang menurut saya unik adalah jasa layanan pesan
antar. Peluang bisnis ini sepertinya akan semakin banyak digunakan oleh
pelanggan yang tidak memiliki waktu banyak untuk melakukan beberapa
kegiatan pada waktu yang bersamaan.
Ada seorang mahasiswa yang telah berhasil menjalankan bisnis jasa layanan pesan antar. Bermula dari kejeliannya melihat kondisi masyarakat saat ini yang sering mengalami kesulitan dalam perjalanan karena macet, tidak ada waktu untuk melakukan tugasnya karena harus berada di tempat yang lain. Dan ternyata bisnis yang dijalankannya itu bisa memberikan keuntungan yang lumayan besar, hingga si mahasiswa bisa membiayai kuliahnya dengan bisnisnya tersebut.
Adapun beberapa jasa yang ditawarkannya adalah sebagai berikut:
1. Jasa belanja di pasar dan supermarket.
2. Jasa pembayaran telepon, listrik, dan air.
3. Jasa pembelian tiket nonton bioskop.
4. Jasa antar makanan.
5. Jasa transfer uang, dan lain-lain.
Banyak orang yang ingin membeli makanan dari sebuah restaurant yang tidak memberikan layanan antar kemudian menyewa jasa ini. Begitu juga dengan beberapa orang yang ingin membeli tiket nonton, pertandingan bola, dan lain-lain, tapi malas untuk keluar rumah, mereka menggunakan jasa layanan pesan antar.
Bagaimana Dia Mempromosikan Bisnisnya?
Si mahasiswa mempromosikan layanannya melalui internet terutama situs-situs media sosial seperti twitter, facebook, BBM, dan lainnya. Selain melalui twitter dia juga menawarkan jasanya itu dari rumah ke rumah sehingga orang lebih banyak yang mengetahui tentang bisnisnya.
Bagaimana sistem kerja yang dilakukan?
Sistem kerjanya ternyata sangat sederhana, ketika si pelanggan membutuhkan jasa layanan pesan antar, si mahasiswa yang terlebih dahului biaya pembelian barang yang dipesan. Namun, bila ternyata barang yang dipesan harganya mahal, maka si mahasiswa akan menjemput uang untuk membeli barang yang dipesan tadi. Setelah barang dibeli, maka si mahasiswa tadi kemudian mengantarkan barang yang sudah dipesan ke rumah pelanggan.
Bagaimana membangun hubungan dengan pelanggan?
Keterlibatan, perhatian, rasa suka, dan loyalitas kepada pelanggan adalah salah satu yang sangat penting pada bisnis ini. Si mahasiswa harus bekerja keras dan menunjukkan loyalitas pada pelanggan untuk menjaga kepercayaan si pelanggan sehingga dia akan terus menggunakan jasa layanan pesan antar dari si mahasiswa.
Bentuk kerja keras dan loyalitas dari si mahasiswa dapat terlihat dari upayanya dalam mengirimkan barang yang dipesan. Kondisi cuaca seperti hujan dan panas terik bukan jadi masalah ketika dia mengantar pesanan dari pelanggannya. Selain itu, si mahasiswa juga mengerti tentang jalan tercepat menuju lokasi si pelanggan sehingga dia dapat mengantarkan barang yang dipesan dengan cepat.
Ada seorang mahasiswa yang telah berhasil menjalankan bisnis jasa layanan pesan antar. Bermula dari kejeliannya melihat kondisi masyarakat saat ini yang sering mengalami kesulitan dalam perjalanan karena macet, tidak ada waktu untuk melakukan tugasnya karena harus berada di tempat yang lain. Dan ternyata bisnis yang dijalankannya itu bisa memberikan keuntungan yang lumayan besar, hingga si mahasiswa bisa membiayai kuliahnya dengan bisnisnya tersebut.
Adapun beberapa jasa yang ditawarkannya adalah sebagai berikut:
1. Jasa belanja di pasar dan supermarket.
2. Jasa pembayaran telepon, listrik, dan air.
3. Jasa pembelian tiket nonton bioskop.
4. Jasa antar makanan.
5. Jasa transfer uang, dan lain-lain.
Banyak orang yang ingin membeli makanan dari sebuah restaurant yang tidak memberikan layanan antar kemudian menyewa jasa ini. Begitu juga dengan beberapa orang yang ingin membeli tiket nonton, pertandingan bola, dan lain-lain, tapi malas untuk keluar rumah, mereka menggunakan jasa layanan pesan antar.
Bagaimana Dia Mempromosikan Bisnisnya?
Si mahasiswa mempromosikan layanannya melalui internet terutama situs-situs media sosial seperti twitter, facebook, BBM, dan lainnya. Selain melalui twitter dia juga menawarkan jasanya itu dari rumah ke rumah sehingga orang lebih banyak yang mengetahui tentang bisnisnya.
Bagaimana sistem kerja yang dilakukan?
Sistem kerjanya ternyata sangat sederhana, ketika si pelanggan membutuhkan jasa layanan pesan antar, si mahasiswa yang terlebih dahului biaya pembelian barang yang dipesan. Namun, bila ternyata barang yang dipesan harganya mahal, maka si mahasiswa akan menjemput uang untuk membeli barang yang dipesan tadi. Setelah barang dibeli, maka si mahasiswa tadi kemudian mengantarkan barang yang sudah dipesan ke rumah pelanggan.
Bagaimana membangun hubungan dengan pelanggan?
Keterlibatan, perhatian, rasa suka, dan loyalitas kepada pelanggan adalah salah satu yang sangat penting pada bisnis ini. Si mahasiswa harus bekerja keras dan menunjukkan loyalitas pada pelanggan untuk menjaga kepercayaan si pelanggan sehingga dia akan terus menggunakan jasa layanan pesan antar dari si mahasiswa.
Bentuk kerja keras dan loyalitas dari si mahasiswa dapat terlihat dari upayanya dalam mengirimkan barang yang dipesan. Kondisi cuaca seperti hujan dan panas terik bukan jadi masalah ketika dia mengantar pesanan dari pelanggannya. Selain itu, si mahasiswa juga mengerti tentang jalan tercepat menuju lokasi si pelanggan sehingga dia dapat mengantarkan barang yang dipesan dengan cepat.
0 komentar:
Post a Comment